Jumat, 12 Apr 2024
HEADLINE ELECTION

KPU : TAK ADA LAGI PROSES LIPAT SURAT SUARA DI KABUPATEN/KOTA PEMILU 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memetakan pengelolaan logistik Pemilu 2024. Pemetaan ini terkait kondisi di daerah terpencil, terluar dan tertinggal (3T) karena pertimbangan transportasi dan sumber daya.
“Ada dua macam logistik. Pertama, logistik utama, seperti surat suara, sebagai sarana mengekspresikan hak pilih masyarakat, dan formulir penghitungan dan rekapitulasi, sebagai sarana mengadministrasikan proses Pemilu. Kedua, logistik pendukung, seperti bilik, tinta dan alat coblos,” ujar Ketua KPU RI Hasyim Asyari dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat menyebut logistik pendukung akan dikerjakan lebih dulu usai daftar pemilih tetap ditetapkan. Dia mengatakan pola pengadaan akan didistribusikan ke KPU provinsi dan kabupaten/kota.

Ke depan tidak ada lagi proses sortir dan lipat surat suara di kabupaten/kota, semua akan didistribusikan sudah packing rapi. Untuk meminimalkan kesalahan daerah pemilihan saat packing dan distribusi, sampul tidak lagi menggunakan warna cokelat seperti sebelumnya, tetapi menggunakan sampul yang mudah diidentifikasi,” ujarnya “KPU: Tak Ada Lagi Lipat Surat Suara di Kabupaten-Kota pada Pemilu 2024”
( Sumber Detik.com )



Baca Juga