Sabtu, 18 Mei 2024
HEADLINE ELECTIONHEALTH NEWS

Program KIP Jokowi Dinilai Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus memberi perhatian penuh pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Salah satu langkah konkret yang dilakukan Jokowi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yakni melalui Program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Tidak kurang dari 200.000 masyarakat akan mendapat bantuan biaya pendidikan dari program tersebut.

Asisten Administrasi Umum Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muh Jamil Barambang mengatakan,  peningkatan kualias pendidikan menjadi salah satu fokus Jokowi sejak periode pertama kepemimpinannya. Dia menilai, program KIP berhasil meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh pelosok daerah.

Menurut dia, penyaluran program KIP yang berjalan baik hingga sekarang tak lepas dari sinergitas antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Komunikasi ini perlu kita tingkatkan, agar betul-betul pemerintah juga berkontribusi sesuai kemampuan dan kewenangannya dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di daerah,” ujar Jamil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/9/2022).

Lebih lanjut, dia menyebut, kehadiran KIP di tengah-tengah masyarakat membawa dampak positif nyata terutama dalam memenuhi hak dasar warga untuk memperoleh pendidikan. Program ini sangat dirasakan terutama oleh masyarakat kurang mampu.

“Karena KIP ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah, keberpihakkan pemerintah terhadap mahasiswa yang punya kompetensi akademik baik, tapi punya keterbatasan ekonomi,” kata Jamil memungkasi.



Baca Juga