Sabtu, 15 Jun 2024
HEADLINE NASIONAL

Kapolresta Jambi Hadiri Rakor Lintas Sektoral OMB Rangka Pengamanan Pemilu 2023-2024 Mewujudkan Pemilu Aman Damai

Hwadlinejambi.com Jambi -Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi SIK MH mengikuti Rakor lintas sektoral OMB Pengamanan Pemilu 2024 Guan Mewujudkan pemilu yang aman dan damai di Provinsi Jambi , maka Polda Jambi selaku pelaksana rapat koordinasi lintas sektoral yang dilaksanakan di Hotel RCC Kota Jambi (20/11/2023).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Rusdi Hartono MSi. Dan dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Danrem 042/Gapu diwakili Kasrem 042/Gapu , Gubernur Jambi diwakili oleh Asisten 1 , KABINDA Jambi, Wakapolda Jambi, Kapolresta Jambi, Dansat Brimob Polda Jambi , Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/ Kota Jambi, KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota Jambi, Kajati Jambi, para PJU Polda Jambi , PJU KOREM 042/Gapu, para Kapolres , para PJU Polresta Jambi dan peserta rakor lintas sektoral

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono membuka kegiatan dengan menyampaikan sebagai berikut “Sebagai anak bangsa membicarakan Pemilu 2024 , Polri ingin menyakinkan Pesta kontestasi politik di Jambi dapat dikawal bersama sehingga pemilu yang aman damai bermartabat dapat diciptakan .

Rakor Lintas sektoral ini bisa menyamakan persepsi tentu berpengaruh hal yang menjadi cita-cita kita bersama

Sebagai bentuk sinergi dan komitmen bersama mewujudkan dan jamin rasa aman di masyarakat , mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif maka perlu bergerak bersama- sama tetap menjaga kondisifitas dan Kamtibmas dimasyarakat.

Residu dari dampak Pilkada 2019 , orasi pada saat itu belum tuntas masih ada dan perlu dicermati bersama untuk persiapan dan beban kita pada pemilu 2024.

Kegiatan berbau politik sudah bekerja disekitar kita maka kalau tidak dikelola dengan baik akan berdampak situasi Kamtibmas di Provinsi Jambi.

Isu Politik identitas , sara, kampanye hitam di medsos perlu di cermati bersama sebagai anak bangsa dan menyadari NKRI diatas segala-galanya maka bangsa ini tetap kota pertahankan

Polarisasi di dunia Maya sudah nyata bertentangan secara terbuka , diawali dari media sosial bila tidak diantisipasi akan merebak kedunia nyata.

Perbedaan itu tidak untuk memecah anak bangsa , melalui rakor ini menyamakan persepsi , bersinergi mari kawal bersama sehingga pesta demokrasi dapat berjalan aman , damai dan kondusif ” ungkap Kapolda

Dilanjutkan Gubernur Jambi melalui Asisten 1 menyampaikan
Apresiasi atas kegiatan Rakor Lintas Sektoral Momen bertukar informasi dan ide serta gagasan menghasilkan pengamanan pemilu 2024 yang aman damai .

Kemudian penyampaian ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto SH.I, MSi ” Pemilu adalah siklus lima tahunan kita optimis pesta demokrasi dapat berjalan aman dan lancar melalui Rakor Lintas Sektoral OMB 2023-2024.

Mengenai Anggaran telah disiapkan , mengenai polarisasi itu tetap ada bagaimana situasi Kamtibmas dapat terjaga ,dengan bersinergi bersama menjaga NKRI yang kita cintai , berita hoax yang memecah belah persatuan dan kesatuan ” mari kita sukseskan pemilu 2024 yang aman dan damai .

Danrem 042/Gapu melalui Kasrem 042/Gapu Kol INF Ali Aminudin ” Kita memasuki tahun politik pemilu serentak , kondisi ini wajib dijaga bersama TNI turut berperan penting menjaga pemilu di Provinsi Jambi .

Melaksanakan operasi bantuan pengamanan kepada Polri agar dapat berjalan aman ,tertib dan lancar

KOREM komitmen berperan aktif mewujudkan pemilu aman dan damai , mengambil langkah konkrit dan menciptakan suasana aman dan damai pada tahapan pemilu , terus netralitas .

Netralitas tersebut diwujudkan KOREM 042/Gapu akan bersinergi semua stakeholder , mengenai kesiapan personel jajaran KOREM 042/Gapu 1495 personel. untuk mengawal dan mengamankan pemilu 2024.

Harapan kita pada pemilu 2024 , KOREM 042/Gapu personel mengedepankan komunikasi publik dan Poling sistem serta masyarakat mendukung mensukseskan 2024

Sinergitas kunci keberhasilan ” ungkap Kasrem 042/Gapu menyampaikan amanat Danrem 042/Gapu .

Serta arahan KABINDA Jambi Brigjen Pol Irawan David Syah ” gambaran kesiapan pemilu 2024 secara situasi global terkait situasi dunia saat ini agresi Israel ke Palestina , dampak Perang Rusia – Ukraina, Resesi Ekonomi Global .

Tahapan pemilu sudah dimulai 14 Juni 2023 hal tersebut menjadi atensi bagi penyelenggara keamanan untuk deteksi dan peringatan dini antisipasi berbagai kerawanan

Potensi gesekan antar pendukung ,vpelamggaran pemilu oleh Parpol caleg maupun pendukung , DPT Ganda atau pemilih yang tidak terdaftar , pengamanan gudang logistik , Kantor KPU dan Bawaslu menjadi perhatian dan pengawasan kita semua , distribusi Logsitik , penyebaran berita hoax , money politik.
Serangan kelompok teror , aksi penolakan penetapan UMP/UMK

Optimalkan pengawasan dan pengamanan , penggalangan , cipta kondisi situasi kamtibmas

Kejari Jambi oleh Wakil Ketua Kejari menyampaikan ” ASN harus netralitas untuk memastikan kualitas pelaksanaan pemilu 2024 dan peran Gakumdu salam mengawas dan mensukseskan Pemilu serentak 2024 dan sinergi pihak terkait sangat penting untuk tercipta pemilu aman dan damai.pungkasnya(noval)



Baca Juga