Senin, 22 Jul 2024
HEADLINE NEWS

Hadiri WJDS-IFES 2022 di Sumedang ini kata Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah SH MH

MUAROJAMBI – Pemerintah Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan kolaboratif West Java Digital Services International Festival 2022 (WJDS-IFES 2022). Even yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 22-23 Desember ini, dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Event WJDS-IFES 2022 ini diikuti oleh 200 lebih Bupati dan Walikota se-Indonesia secara terpusat di Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor Sumedang. Pada acara ini juga dihadiri oleh PJ.Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah SH MH didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Muaro Jambi M.Faisal Harahap, SE.

Hadir juga pada acara tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam paparannya, Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan, Sumedang akan berbagi untuk maju bersama daerah lainnya di Indonesia.

“Dengan keberhasilan ini, Sumedang akan berbagi dengan daerah lain untuk saling adopsi dan adaptasi untuk maju bersama -sama”,ungkap Herman.

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan pada kesempatan tersebut menyampaikan, mencapai visi Indonesia 2045, kita perlu terus melanjutkan transformasi ekonomi yang merupakan salah satu pilar penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Lebih lanjut, Menko Marves mengatakan, pemerintah perlu melihat digitalisasi sebagai sesuatu yang lebih besar dari sekedar teknologi aplikasi.Digitalisasi harusnya sebagai upaya tata kelola pemerintahan yang berorientasi kepada digital services. “Berbagai langkah digitalisasi yang telah diterapkan dalam kegiatan pemerintahan dan bisnis telah menunjukkan bahwa digitalisasi mampu mendorong efisiensi, mengurangi celah untuk Korupsi, dan meningkatkan penerimaan negara”,ungkapnya.

Menyinggung Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Menko Marves menjelaskan, penerapan SPBE masih terfragmentasi dan sektoral, oleh karena itu perlu adanya sinkronisasi yang kuat antar kementerian/lembaga, dan lintas level administrasi (Pemerintah Pusat – Daerah).

Menurut Pj.Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH, MH didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Muaro Jambi mengatakan, SPBE Kabupaten Muaro Jambi pada tahun yang lalu pada indeks 2,18 dari skala 5,00 dengan predikat “cukup” dan merupakan peringkat ke II (Kedua) di Provinsi Jambi.

“Kedepan akan terus ditingkatkan guna optimalisasi pelayanan masyarakat, terutama pelayanan masyarakat di desa-desa”pungkasnya (Noval). Sumber : Kominfo Muaro Jambi.



Baca Juga