Rabu, 22 Mei 2024
HEADLINE NEWS

Kadis Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi himbau kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan

MUARO JAMBI – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muaro Jambi Afif Udin menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, terutama pada perubahan cuaca yang tidak menentu perubahan dari musim Kemarau ke musim Hujan seperti yang terjadi saat ini.Rabu(18/01/2023)

Dia mengatakan, Masyarakat diharapkan bisa lebih perhatian terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal terkait cuaca hujan yg cenderung tinggi intensitasnya, kondisi ini berpeluang Terjadi genangan air,tempat perindukan nyamuk menular DBD, malaria dll, di samping itu curah hujan tinggi membuat kelembaban tinggi meningkatkan resiko flu.terangnya

Cuaca yang tidak menentu, kata Afif Udin dapat memicu terjadinya pelemahan daya tahan tubuh, karena sulit beradaptasi dengan perubahan cuaca yang demikian. Maka perlu untuk melakukan antisipasi terhadap kesehatan tubuh dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Menjaga kebersihan lingkungan, rumah dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya awal untuk mencegah terjangkit suatu penyakit yang kerap terjadi ketika perubahan iklim atau cuaca yang tidak menentu,” ujarnya,

Menurut Kadis kesehatan Muaro Jambi Afif Udin, di masa transisi perubahan cuaca ini sangat berbahaya bagi kesehatan, sehingga dia juga menganjurkan masyarakat rutin konsumsi vitamin.

“Namun sejauh ini belum adanya laporan-laporan masyarakat Dampak dari Perubahan cuaca Yang menimbulkan penyakit Demam berdarah (DBD).karena itu kebanyakan yang dikeluhkan masyarakat. Jadi alangkah baiknya kita cegah,” tuturnya.

Selain itu Kadis kesehatan Muaro Jambi Afif Udin mengingatkan kepada masyarakat Muaro Jambi, untuk menjaga kondisi badan, terlebih nanti akan memasuki musin hujan. “Antisipasi untuk penyakit DBD ini dengan perbanyak minum Vitamin,Dan segera berkonsultasi ke pusat kesehatan setempat,” pungkasnya (NOVAL)



Baca Juga