Senin, 22 Jul 2024
HEADLINE NEWS

Kepala BPPRD Muaro Jambi, Faturrahman menggelar Sosialisasi Pemutahiran Data Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2)

Headlinejambi.com MUARO JAMBI – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Muaro Jambi menggelar Sosialisasi Pemutahiran Data Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Desa Pematang Gajah Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi.

Kepala BPPRD Muaro Jambi, Faturrahman melalui Kabid Pajak I, musadat saat dikonfirmasi mengatakan beberapa persoalan pajak yang dihadapi saat ini seperti tidak tepat sasaran, SPT tidak tersampaikan Zona Nilai Tambah/NJOP bumi tidak sesuai pasar dan tunggakan PBB-P2 yang mengakibatkan hilangnya potensi pendapatan daerah dari sektor PBB-P2 dan BPHTB.

“Karnanya, perlu kita adakan sosialisasi ke masyarakat. Dan hari ini kami gelar di Desa Pematang Gajah,” ucapnya.

Sasaran dari kegiatan sosialisasi ini Kata musadat, agar tersedianya database yang up to date dan data subjek dan objek yang lengkap dan sesuai dengan keadaan di lapangan.

Tidak hanya itu, sasaran lainnya adalah untuk membentuk basis data yang dapat berfungsi sebagai dasar pengenaan PBB tahun depan, peningkatan pengenaan pajak, tersedianya hasil rekomendasi penghapusan piutang dan lainnya.

Dijelaskannya, Kegiatan ini mengimplementasikan inovasi teknologi sebagai upaya percepatan dan efisiensi pekerjaan.

Teknologi yang digunakan adalah aplikasi Itak pendataan berbasis Web/Mobile.

Aplikasi yang digunakan oleh surveyor untuk melakukan pendataan di lapangan secara real-time.

“Aplikasi ini terintegrasi dengan portal peta digital (Web GIS) sehingga progres pekerjaan surveyor dapat dimonitoring secara real-time,” jelasnya.

Aplikasi Web GIS adalah aplikasi peta digital yang menampilkan informasi peta PBB-P2 yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

“Aplikasi ini juga terhubung aplikasi Itax pendataan yang digunakan untuk monitoring progres pekerjaan pendataan di lapangan,”Pungkasnya (Noval)



Baca Juga