Jumat, 12 Apr 2024
HEADLINE NEWS

Kepala BPS provinsi Jambi membuka secara resmi rapat koordinasi daerah (Rakorda) dalam rangka Evaluasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Bps Kabupaten/Kota SE Provinsi Jambi Tahun 2022.

Jambi- kepala BPS provinsi Jambi Agus Sudibyo M.Stat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah Dalam Rangka Evaluasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi di Hotel Aston. Pada kesempatan awal ini, Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pegawai BPS baik itu di BPS Provinsi Jambi maupun BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi atas segala jerih payahnya sehingga kegiatan Regsosek ini dapat terlaksana dengan baik. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dan berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan Regsosek baik itu dari unsur Forkopimda, pemerintah provinsi, stakeholder terkait diantaranya Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika yang telah membantu dalam penyebarluasan informasi Regsosek dan bersama-sama mengawal pelaksanaan lapangan.
Sebagaimana kita ketahui, Registrasi Sosial Ekonomi ini merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat terwujudnya satu data Indonesia dalam kaitannya satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Kementerian PPN/Bappenas sendiri menargetkan sistem satu data program perlindungan sosial ini dapat terwujud di tahun 2024. Data Regsosek ini nantinya akan terintegrasi dengan basis data terkait lainnya agar dapat berbagi pakai dan saling memutakhirkan. Selain itu, data Regsosek diharapkan mampu mewujudkan pemetaan yang terpusat untuk membangun satu pusat rujukan program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, sehingga penyaluran program memenuhi prinsip tepat sasaran, tepat waktu,tepat jumlah, tepat harga, tepat kualitas,dan tepat administrasi.
Perjuangan kita tidak berhenti pada pendataan awal Regsosek. Regsosek juga merupakan salah satu upaya pemerintah mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia. Untuk itu Regsosek harus terhubung dengan basis data seperti Data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Data Pokok Pendidikan (Dapodik); dan Pendataan Keluarga (PK). Yang perlu digarisbawahi adalah kita harus optimalkan pemanfaatan Regsosek dalam setiap perencanaan dan implementasi program pembangunan. Pemerintah daerah dan pemerintah desa/kelurahan harus bisa mendapatkan akses terhadap Regsosek dan memiliki kemampuan memadai untuk menggunakannya.

Kepala BPS provinsi Jambi Agus Sudibyo M.Stat Berharapa kepada pemerintah dan masyarakat terhadap hasil dari kegiatan Regsosek sangat besar. Sebab Regsosek menjadi langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia. Insya Allah kita dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan strategis, bahkan tujuan pembangunan global, melalui pengembangan Regsosek yang komprehensif.
Dalam 3 bulan terakhir kita telah mengawal kegiatan Regsosek mulai dari koordinasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait, pelaksanaan pelatihan petugas hingga pelaksanaan lapangan. Namun perjalanan kita mengawal kegiatan Regsosek belum selesai. Saat ini kita sedang mengawal pengolahan data dalam rangka pengujian Proxy Mean Test (PMT), selanjutnya di tahun 2023 kita akan mengawal pengolahan data Regsosek dan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP). Tantangan terhadap kegiatan Regsosek ini sangat besar. Dari sisi teknis munculnya keraguan mengenai integritas data yang ada maupun dari sisi administrasi timbulnya beberapa narasi publik terkait anggapan pemborosan anggaran maupun belanja yang tidak berkualitas. Maka mari kita kawal Regsosek ini tidak hanya supaya memenuhi prinsip kualitas data namun juga memenuhi prinsip tertib administrasi.
Dalam 2 hari kedepan kita akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Regsosek tidak hanya dari sisi teknis tapi juga dari sisi administrasi. Saya berharap kesempatan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk melengkapi kekurangan administrasi yang ada serta hasil evaluasi nantinya dapat menjadi pijakan awal dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Namun demikian, saya juga berharap agar menjadikan kegiatan evaluasi ini sebagai sarana refreshing, melepaskan rasa lelah dan siang nanti akan ada motivator yang akan memompa kembali semangat dalam menghadapi perjuangan kedepan.

Akhirnya dengan mengucapkan Bismillaahirrahmaanirrahiim, Rapat Koordinasi Daerah Dalam Rangka Evaluasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi kepala BPS provinsi Jambi Agus Sudibyo M.Stat saya nyatakan dibuka. Turut hadir Kepala Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi
Kepala Bappeda Provinsi Jambi atau yang mewakili
Kepala Diskominfo Provinsi Jambi atau yang mewakili
Kabag Umum BPS Provinsi Jambi
Kepala BPS Kabupaten/Kota; Kepala BPS Provinsi Jambi;
Kepala Bappeda Provinsi Jambi;
Kepala Bagian Umum dan Fungsional Ahli Madya selaku Koordinator Fungsi di lingkungan BPS Provinsi Jambi
Kepala BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi; Peserta Rapat Evaluasi. hari ini kita dapat menyelenggarakan Rapat Evaluasi Regsosek Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi setelah sebulan penuh kita melaksanakan Pendataan Regsosek. laporan kegiatan Rapat Evaluasi Regsosek Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi Tahun 2022. Sebagaimana kita ketahui bersama Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 diselenggerakan sebagai bentuk upaya pengembangan sistem pendataan terintegrasi yang dapat mencakup seluruh keluarga di Indonesia telah berakhir. Untuk itu kegiatan ini memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :
Melakukan evaluasi secara menyeluruh baik teknis maupun administrasi, hal ini sebagai upaya untuk menjamin kualitas data dan akuntabilitas kinerja lebih baik.
Merumuskan kelengkapan pertanggungjawaban administrasi untuk keberlanjutan pemeriksaan berikutnya.
Merupakan wahana silaturahmi dengan BPS Kabupaten/Kota sekaligus refreshing setelah sekitar tiga bulan melakukan persiapan sampai dengan pelaksanaan lapangan Regsosek 2022. Tema Rapat Evaluasi Regsosek Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi Tahun 2022. Kegiatan ini merupakan pertemuan penting untuk mengambil langkah strategis dan menyamakan langkah menghadapi akhir tahun.
Rapat Evaluasi Regsosek Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi diikuti oleh 146 peserta yang terdiri dari:
BPS Provinsi Jambi sebanyak 43 orang
Peserta eksternal sebanyak 3 orang, masing-masing dari Bappeda, Dinas SosDukcapil, dan Dinas Kominfo di lingkup Provinsi Jambi
BPS Kabupaten/Kota di lingkungan BPS Provinsi Jambi sebanyak 88 orang.

Selain peserta kami juga mengundang narasumber yang dapat memperkaya ilmu dalam memaknai hasil pendataan Regsosek.

Pelaksanaan Rapat Evaluasi Regsosek Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dilakukan selama 2 hari efektif, yaitu: 28-29 November 2022 dan diselenggarakan di Hotel Aston Jambi, Jl. Sultan Agung No.99, Murni, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.

Akomodasi konsumsi dan biaya transportasi pergi pulang dari seluruh peserta dan pendukung kegiatan ini dari daerah asal ke tempat kegiatan dibiayai dari DIPA BPS Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2022. (Reporter Noval Arisandi saputra SE)



Baca Juga