Sabtu, 15 Jun 2024
HEADLINE NEWS

Kepala dinas sosialdukcapil provinsi Jambi Drs M.Arif Budiman MH hadiri Jambore SDM PKH dan Bakti Sosial (Baksos) PKH

Headlinejambi.com JAMBI-Dalam Rangka Jambore SDM PKH dan Bakti Sosial (Baksos) PKH yang di buka secara resmi oleh Gubernur Jambi Al Haris
Untuk itu Alharis menyampaikan kemiskinan merupakan permasalahan yang kompleks dan multidimensi serta memiliki dampak sangat luas terhadap kualitas hidup manusia. Kemiskinan tidak hanya sebatas ketidakmampuan ekonomi tetapi juga ketidakmampuan dalam pemenuhan hak-hak dasar bagi seseorang dalam menjalani kehidupan.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat persentase penduduk miskin Provinsi Jambi pada Maret 2023 mencapai 7,58 persen atau mencapai 280,68 ribu orang, jika dibandingkan pada September 2022, mengalami penurunan sebesar 0,12 persen poin atau turun 3,1 ribu orang,” katanya.
Bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Candika, Telanaipura Kota Jambi, Senin (7/11/2023).

Salah satu keberhasilan capaian penurunan angka penduduk miskin di Provinsi Jambi, adalah kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.Melalui PKH, KPM dapat memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional,”Al Haris pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran pejuang sosial kemasyarakatan, termasuk para Pendamping sebagai garda terdepan dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan program PKH di lapangan. PKH bukanlah sekedar program pemberian dana bantuan kepada masyarakat, melainkan juga melakukan upaya pengembangan masyarakat melalui proses pendampingan yang dilakukan oleh pendamping PKH.

“Adanya pendamping akan mempercepat proses pencapaian tujuan PKH yang meliputi perubahan pola pikir KPM ke arah yang lebih baik lagi, meningkatkan kesejahteraan KPM, memenuhi kebutuhan layanan kesehatan dan pendidikan KPM, serta meningkatkan edukasi bagi KPM PKH.Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik Jambore SDM PKH Tingkat Provinsi Jambi ini, sebagai wadah bersama dalam memfasilitasi temu antar Pendamping PKH kabupaten/kota se- Provinsi Jambi, guna meningkatkan kebersamaan dan mempererat jalinan persaudaraan, dan juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia pendamping sebagai pendamping yang berprestasi, jujur, profesional, andal, dan bertanggung jawab, yang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan PKH dalam penanggulangan kemiskinan dan kesenjangan sosial Indonesia umumnya, Provinsi Jambi.Al Haris berharap agar peserta jambore, yakni pendamping PKH, mengikuti jambore ini dengan serius dan berpartisipasi aktif. Semoga pelaksanaan Jambore ini dapat memotivasi para Pendamping PKH untuk meningkatkan kinerja dalam membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan keluarga Provinsi Jambi.sedangkan Kepala dinas dukcapil provinsi Jambi Drs M.Arif Budiman MH mengatakan sangat berterima kasih yang telah di laksanakan kegiatan ini. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan baik.semoga kedepannya kegiatan seperti kali ini bahkan lebih meriah. ungkapnya(Noval)



Baca Juga