Sabtu, 15 Jun 2024
HEADLINE NEWS

Kesbangpol Propinsi Jambi Membuka Pelatihan/Seminar Anggota DPP Lembaga Aspirasi Nusantara (DPP LAN)

Headlinejambi.com Jambi, Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Aspirasi Nusantara (DPP LAN) Propinsi Jambi mengadakan atau menggelar pelatihan dengan tema Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Hukum Pembangunan Nasional di Aula Kesbangpol Propinsi Jambi Senin (6/11/2023).

Dalam acara tersebut turut di hadiri Kepala Kantor Kesbangpol Propinsi Jambi Drs.H. Apani Saharudin, Ketua Forkom Propinsi Jambi Adian Teguh SH.ST dan Ketua DPP Lembaga Aspirasi Nusantara (DPP LAN) ropinsi Jambi Samani atau yang lebih dikenal dengan sebutan Wak Jenggot.

Dalam sambutannya Kepala Kesbangpol Propinsi Jambi Drs.Apani Saharudin menyampaikan pada kegiatan seminar tersebut “Meningkatkan kepercayaan Masyarakat terhadap hukum dalam pembangunan Nasional.
Maksud Dan Tujuan adalah mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap hukum, Dalam rangka memulihkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap hukum.
serta adanya partisipasi masyarakat demi mewujudkan hukum yang berkeadilan dan mengayomi masyarakat.

Peningkatan jaminan hukum bagi masyarakat, juga merupakan bagian dari hak-hak universal kemanusiaan yang diakui secara internasional. Hal ini tercermin dari penetapan Kovenan Internasional Hak-Hak Sipil dan Politik, International Covenant on Civil and Political Rights, oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.katanya.

Dikatakan nya,bSudah saatnya kita memberikan perhatian penuh kepada masyarakat miskin yang tidak mampu dan awam hukum. Masyarakat  yang awam hukum tentu akan menghadapi kesulitan dalam mengajukan perkaranya ke pengadilan.

Apalagi  jika dihadapkan pada peraturan dan bahasa hukum yang tidak selalu mudah dipahami oleh setiap orang. Jangankan saudara kita yang awam hukum, yang pengetahuannya tidak terlalu tinggi, bagi yang pengetahuannya tinggi pun tidak selalu memahami bahasa hukum, prosedur hukum dan terhindar dari beragam bentuk penolakan pengadilan. Di sinilah pentingnya peran advokat atau penasehat hukum untuk memberikan bantuan hukum kepada orang miskin yang dijamin oleh konsitusi kita ungakapnya

Lebih lanjut Ia menambahkan, Kepada organisasi, lembaga, yayasan, dan asosiasi bantuan hukum yang telah lulus verifikasi, saya sampaikan ucapan selamat.

Saya berharap Saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik, tugas yang sangat mulia, sesuai dengan apa yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar kita. Saya mengajak Saudara-saudara untuk membangun tatanan hukum di negeri ini, agar hukum benar-benar dapat menjadi panglima. Janganlah kita membeda-bedakan pelayanan pemberian bantuan hukum antara kelompok yang satu dengan yang lain.

Terakhir harapannya, Tingkatkan sinergi dengan semua pemangku kepentingan. Tingkatkan  pemajuan pembangunan hukum  untuk  mendorong  terciptanya tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih berkeadilan. Perluas  peningkatan akses bantuan hukum bagi sebagian masyarakat kita yang miskin dan awam hukum.  Berikan pula dukungan pada pencerahan dan pembinaan hukum bagi segenap warga negara sebagai wujud dari pelaksanaan tugas konstitusional kita.
Terima kasih kami ucapkan kepada Ormas Lembaga Aspirasi Nusantara (LAN) Provinsi Jambi sebagai fasilitator kegiatan sehingga seminar ini dapat terlaksana dengan baik.

Saya juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Seminar yang akan dilaksanakan nantinya, silahkan ikuti kegiatan dengan serius kegiatan ini, ikuti penyampaian materi dari narasumber dengan serius, semangat serta pro aktif di dalam dialog tanya jawab nantinya, sehingga kegiatan ini nantinya tidak akan menjadi sia-sia dan dapat bermanfaat untuk kita semua, pungkasnya(Noval)



Baca Juga