Sabtu, 15 Jun 2024
HEADLINE NEWS

Sekda Budhi Hartono mengatakan tindakan ini sudah memenuhi syarat untuk keempat ASN Pemkab Muaro Jambi itu dilakukan pemberhentian.

MUARO JAMBI- Sekda Budhi Hartono mengatakan tindakan ini sudah memenuhi syarat untuk keempat ASN Pemkab Muaro Jambi itu dilakukan pemberhentian.

“Diberhentikan dengan alasan melakukan tindak pidana dan tidak masuk kantor,” ungkapnya.

Para ASN yang dilakukan pemberhentian, yaitu di Dinas Kesehatan terdapat 2 orang.

Kemudian, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)1 orang.

Lanjut dia, di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) 1 orang.

“Usia yang relatif muda. Kedepan, Pemerintah Muaro Jambi mengingikan, agar ASN tidak ada lagi yang terlibat tindak pidana dan terlibat dalam persoalan lainya,” tandasnya.

Sementara, mengutip dari KASN.go.id, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar para PNS tidak dipecat secara tidak hormat.

Berikut adalah aturan PNS dipecat secara tidak hormat:

1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara jo Pasal 250 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Pada pasal 87 ayat (4) UU tersebut, setiap PNS yang melakukan kejahatan dalam Jabatan dan atau kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan yakni kejahatan luar biasa seperti tindak pidana korupsi, terorisme, dan penggunaan narkotika, maka dapat diberhentikan secara tak hormat.

2. Untuk undang-undang yang sama juga melarang PNS melakukan tindakan yang mengkhianati Negara, Pemerintah, Pancasila dan UUD 1945 untuk butir 1 dan 2.

3. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS melarang PNS melakukan kesalahan berat seperti menyalahgunakan wewenangnya.

4. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melarang PNS menjadi anggota apalagi pengurus sebuah partai politik.(*/Noval)



Baca Juga