Senin, 22 Jul 2024
HEADLINE NEWS

Tingginya curah hujan mengguyur di Muaro Jambi debit air Sungai Batanghari semakin meningkat Mencapai 14,10 cm

Headlinejambi.com. MUARO JAMBI- Intensitas hujan mengguyur wilayah Provinsi Jambi belakangan ini membuat debit air Sungai Batanghari mulai mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang di peroleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi, Tinggi Muka Air pertanggal 5 Januari 2024 telah mencapai 14,10 atau telah memasuki status darurat siaga 3.

Untuk itu Tinggi Muka Air keadaan sore kemarin 14,05 status darurat siaga 3 untuk di Muarojambi” kata Dodi Dorista Sekretaris BPBD Muarojambi, saat di konfirmasi awak media diruang kerjanya Jum’at siang (05/01/24) pagi.Dodi Dorista mengatakan, pihak BPBD Muarojambi mengimbau kepada warga yang berada terutama di pinggiran sungai Batanghari untuk tetap selalu waspada akan terjadinya banjir.Apabila terjadi banjir, kata dia, atau luapan air Sungai Batanghari sudah masuk ke pelataran rumah segera laporkan ke pihak BPBD Muarojambi.

“Kami terus mengimbau kepada masyarakat, terutama yang tinggal di daerah aliran sungai atau anak sungai luapan Batanghari agar tetap waspada banjir dan apabila terjadi banjir segera laporkan ke kami BPBD Muaro Jambi,” katanya.Dodi Dorista mengatakan, bahwa pihak BPBD Muaro Jambi selalu siap siaga dalam memberikan bantuan kepada masyarakat ketika dibutuhkan.

Di Kabupaten Muaro Jambi, katanya, ada sebanyak enam Kecamatan yang berada di sempadan Sungai Batang Hari. Masing-masing Kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Sekernan, Jambi Luar Kota, Maro Sebo, Taman Rajo, Kumpeh Ulu dan Kecamatan Kumpeh.Untuk saat ini, belum ada laporan ke kita bahwa air sudah masuk ke pelataran rumah warga. Kami dari BPBD Muarojambi telah bersiaga. Sewaktu-waktu ketika kami dibutuhkan, jika terjadi hal-hal buruk dalam hal evakuasi, kami sudah siap.pungkasnya(val)



Baca Juga