Senin, 22 Jul 2024
HEADLINE NEWS

Tradisi sedekah bumi dan Lomba Nasi Tumpeng kembali digelar di sejumlah kelurahan jambi

Kota Jambi -Tradisi sedekah bumi dan Lombah Nasi Tumpeng kembali digelar di sejumlah kelurahan jambi, Di Kecamatan jambi Timur, Pada hari Sabtu (1/10/22)

“Sedekah bumi sebagai perwujudan syukur warga pada Allah SWT,”Telah Memanen hasil bumi seperti Panen padi beberapa waujud syukur warga Kecmatan jambi timur dengan di ada kan juga lombah Penilai lombah nasih tumpang Di setiap kelurah kecamatan jambi timur.

Terlihat tumpeng raksasa yang terbuat dari beberapa hasil bumi warga sekitar diarak sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah yang diberikan.

Dalam kegiatan Di hadiri oleh wakil wali kota jambi Mualana serta istri Nadiyah,dan anggota DPRD Kota Jambi Sutiono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi, Mariani Yanti,Camat Jambi timur,Lurah Pematang Sulur Wati Gustenti, lurah budiman Suryadi.

Maulana menyebutkan meminta agar camat dan lurah turut andil dalam upaya-upaya pelestarian kegiatan kebudayaan supaya dapat diwariskan secara turun temurun.

Lanjutnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi, Mariani Yanti ia mengucapkan ribuan terimah kasih atas terselengaranya Sedekah bumi dan lomba nasi tumpeng atas kerja sama pemerintah kota Jambi Dan masyarakat kecamtan jambi timur.

Saya berharap budaya yang telah ada turun menurun ini tetap dilestarikan, karena telah menjadi bagian hidup masyarakat.

Ini merupakan tradisi yang perlu dilestarikan bisa menjadi tempat wisata. Maka tradisi dengan diadakan sedekah bumi dan lombah hias nasi tumpeng di sambut atunsias masyarakat setempat.

Sementara saat itu lurah budiman Suryadi Menyampaikan sangat mengapresiasi tentang kegiatan sedekah bumi.

Dalam hal ini wajib kita lestari kan di era sekarang sulit ditemuin, budaya yang telah diwariskan para leluhur dan tetap dilaksanakan di tengah gemerlap kota metropolitan ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik asing maupun lokal.

“Saya juga berharap akan menjadi perhatian pemerintah kota Jambi bahkan dikembangkan sebagai wisata budaya. Tentu menarik bagi wisatawan,” katanya.

kemudian saat ini Lurah Pematang Sulur Wati Gustenti mengatakan juga dengan banga dan senang kegiatan sedekah bumi bisa di selegarakan

Dengan perlombaan penilai Nasi tumpeng masyarakat setempat dengan gembira mendatangin area persawaan ini.kata wati gustenti

Sedangkan lurah budiman berharap tradisi seperti ini perlu dilestarikan.

Saya mengajak kepada masyarakat setempat untuk manfaatkan lahan yang ada semoga bisa dapat digunakan seperti menanam padi sehinga seperti persawaan disini bisa menghasil kan padi.kata Budiman.

“Alhamdulillah sekarang Seperti pemerintah kota jambi dan anggota DPRD kota Jambi mendukung kegiatan tersebut.

Semoga kedepan nya akan diselengarakan lebih Meriah tuturnya.
(Noval)



Baca Juga