Sabtu, 15 Jun 2024
HEADLINE NEWS

Wakil Gubernur Provinsi Jambi Abdullah Sani secara resmi menutup rapat koordinasi daerah program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa

JAMBI – Wakil Gubernur Provinsi Jambi Abdullah Sani secara resmi menutup rapat koordinasi daerah program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa komponen 3 pada Kamis, (17/11/22) malam hari bertempat di Swiss-Belhotel.

Rakorda yang ditutup Abdullah Sani ini diikuti oleh perwakilan pemerintahan desa dari 5 kabupaten di Provinsi Jambi.

Abdullah Sani menekankan pentingnya kegiatan tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan kualitas pemerintahan desa.

“Tapi juga apa yang didapatkan dilaksanakan di daerah masing-masing. Kita yakin kalau dilaksanakan Insya Allah akan semakin mantap tata kelola pemerintahan desa-desa di Provinsi Jambi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Letjen (Purn) Sudirman mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kualiatas SDM pemerintahan desa.

“Bagaimana SDM di desa itu bisa meningkat dari yang belum tahu menjadi tahu, dari yang sudah tahu ditingkatkan, bagaimana sistem pembinaan, pengawasan dan tata kelola,” katanya.

Menurutnya, kegiatan itu tak akan berhenti sampai di rakorda tersebut. Setelahnya para kepala desa harus menyebarluaskannya ke generasi selanjutnya.

“Sehingga di desa itu menjadi lebih bagus dan lebih baik,” ujarnya.

Sudirman mengatakan kegiatan ini merupakan baru pertama kali yang di adakan di provinsi Jambi di acara kementerian tersebut Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan dan Mobilitas Spasial Kemenko PMK, Mustikorini Indrijatiningrum mengatakan, kegiatan itu bertujuan dalam mengelola belanja desa.

Menurutnya, penggunaan dana desa perlu dikelola dengan tepat sehingga memiliki efek dan dampak terhadap kemajuan desa.

“Jadi, belanja desa itu tak hanya dipergunakan untuk yang rutin-rutin saja, tetapi harus inovatif, harus bisa melihat potensi desa itu untuk digali lebih baik,pungkasnya (Reporter Novalarisandisaputra SE)



Baca Juga