Rabu, 22 Mei 2024
HEADLINE NEWS

Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM meninjau lokasi situs Candi Solok Sipin

Kota Jambi- Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM meninjau lokasi situs Candi Solok Sipin, bertempat di Kelurahan Legok Danau Sipin (27/10/22)

Sejarah Candi Solok Sipin Berdasarkan situs secara astronomis terletak S 01°35’639″ dan E 103°36’108″ situs ini berasal dari periode klasik Hindu-Buddha.

Kondisi situs saat ini hanya menyisakan pondasi bata struktur candi pada lahan dengan luas berukuran kurang lebih 12,5 m X 18 m. Pada tahun 1954 situs ini pernah disurvei oleh tim Dinas Purbakala dan pada tahun 1983 dilakukan penelitian dengan melakukan ekskavasi oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan berhasil menampakkan sisa bangunan bata.

Namun karena letaknya di tengah pemukiman penduduk, tim tidak berhasil menampakan denah seluruhnya, karena sebagian besar bagian pondasi bangunan telah rusak/hilang.

Di situs Candi Solok Sipin ini juga ditemukan Arca Budha, Makara, dan Stupa. Arca Budha disimpan di Museum Nasional Jakarta (inv. no. 233A) terbuat dari batu pasiran (sand stone) setinggi 1,72 m yang digambarkan dalam posisi berdiri kedua kaki sejajar dan telapak berhimpitan. Sikap tangan arca ini tidak dapat diketahui karena patah dan hilang. Rambut arca terlihat.pungkasnya

(Reporter Noval Arisandi saputra SE)



Baca Juga