Sabtu, 15 Jun 2024
HEADLINE NEWS

Waspada… Penipuan Bermodus Bank BRI

Jambi – Unggahan soal penipuan yang mengatasnamakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali beredar di media sosial.

Twit tersebut diunggah oleh akun ini pada Selasa (10/10/2022)

“Hati-hati ya buat temen temen, ortunya tolong dikasih tahu. Lagi banyak chat kayak gini via whatsapp. Ini hari ini uda dapet dua, penipuan ngakunya dari BRI,” tulisnya.

Adapun penggantian biaya transaksi menjadi Rp 150.000 per bulan dari yang semula Rp 6500 per transaksi.

Skema perubahan ini akan dilakukan melalui tahap percobaan selama 6 bulan ke depan.

Di bagian akhir, surat tersebut tertulis bahwa apabila nasabah tidak melakukan konfirmasi maka akan dianggap setuju dengan perubahan tagihan bulanan tersebut.

Di bagian akhir, surat tersebut tertulis bahwa apabila nasabah tidak melakukan konfirmasi maka akan dianggap setuju dengan perubahan tagihan bulanan tersebut.

Modus penipuan yang mengatasnamakan BRI lainnya berupa pesan yang berisi tautan konfirmasi mengenai perubahan tarif transaksi yang dikirimkan kepada nasabah

Penjelasan BRI

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyatakan bahwa hal tersebut dipastikan tidak benar.

Penipuan semacam itu juga tidak hanya terjadi sekali.

Aestika mengatakan bahwa beberapa nasabah BRI telah menjadi korban atas tindakan kejahatan tersebut, salah satunya nasabah dari Padang yang bernama Pariaman.

“Pariaman yang mendatangi unit kerja BRI karena menjadi korban penipuan, akibat memberikan userpassword, dan OTP (One Time Password atau m-token) kepada pihak lain melalui link/tautan maupun jejaring pesan singkat,” tutur Aestika, >

Akibat tindakan kejahatan tersebut, BRI berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk segera menindak dan menangkap pelaku kejahatan perbankan dengan melacak IP address para pelaku.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya aparat penegak hukum untuk terus memantau, menyelidiki, dan menangkap pelaku kejahatan perbankan yang telah meresahkan masyarakat dan pihak perbankan,” ungkapnya.

Imbauan pihak BRI

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hari saat mendapat pesan yang mengatasnamakan BRI melalui aplikasi pesan singkat, sosial media hingga surat elektronik.

“Maraknya aksi kejahatan ini, mendorong BRI untuk terus mengajak nasabahnya dan semua pihak selalu mengedepankan kewaspadaan dalam menerima pesan dalam bentuk apa pun dengan tidak terburu-buru percaya dengan ajakan pesan tersebut,” katanya lagi.( HJ )



Baca Juga