Sabtu, 15 Jun 2024
TOP NEWS

Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Arta S.I.K pimpin apel operasi ketupat 2023 gelar pasukan gabungan pengamanan Idul Fitri 1444 H

Headlinejambi.com MUARO JAMBI–Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Arta S.I.K pimpin apel operasi ketupat 2023 gelar pasukan gabungan pengamanan Idul Fitri 1444 H dengan tema Mudik Aman Berkesan,bertempat di Mapolres Muaro Jambi.

Dalam kegiatan operasi ketupat 2023 dihadiri Sekda Kabupaten Muaro Jambi Budi Hartono, S.Sos., M.T.,Wakapolres Muaro Jambi Kompol Steven Kurniawan, S.H., S.I.K., M.M, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Muaro Jambi Ilyas, S.H., M.H, Kepala Dinas Disparpora Safrinal, S.P., M.Si.,Kepala Sat Pol PP Drs. Indra Gunawan., Kabag Ops Kompol Mahara T. Siregar, S.E., S.I.K.,Para Perwira Polres,Danramil 415/05 Sengeti kapten Inf. Mujiono ,Kapolsek jajaran dan personil gabungan.

 

 

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan pasukan langsung oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Arta didampingi sekda Kabupaten Muaro jambi dilanjutkan dengan penyematan Pita Tanda Operasi dari Sat Lantas Polres Muaro Jambi, Koramil Sengeti dan Dinas Perhubungan Kabupaten Muaro Jambi.

Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Arta S.I.K dalam amanatnya “Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023” secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga satuan Kewilayahan.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Bahwa kerja keras bersama pada Pengamanan Mudik Lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat.”kata Kapolres

Lebih lanjut AKBP Muharman Arta menjelaskan Amanat Kapolri” Berdasarkan Survei Indikator periode 05 sampai dengan 10 Mei 2022, terdapat 73,8 % masyarakat merasa puas atas kinerja Pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022.

Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik. Terlebih lagi Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%.

Berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa, “Hati-hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik”. Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak tanggal 18 April sampai dengan 01 Mei 2023.

Operasi ini telah diawali dengan KRYD dari tanggal 10 April sampai dengan tanggal 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 02 Mei sampai dengan 09 Mei 2023. Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos”sebutnya

Dalam amanat kapolri juga menekankan terkait permasalahan laka lantas, optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan.

Disamping itu, ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.

Apabila terjadi laka lantas, segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah.

AKBP Muharman juga menyampaikan untuk Pos Pengamanan dan Pos pelayanan di wilayah hukum polres Muaro Jambi,yaitu Pos Pengamanan 1 berada di Pintu Masuk Perkantoran Pemkab Muaro Jambi,Pos Pelayanan digerbang citra raya city Jaluko,Pos Pengaman 2 di Simpang Candi,dan 1 lagi di Jalin lintas Jambi-Palembang Sebapo Kecamatan Mestong.

Untuk personil gabungan yang terdiri dari TNI,Polri, Dishub,Dinkes,dan instansi Lainnya dilibatkan untuk pengamanan OPS ketupat 2023

Operasi Ketupat 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari,yang akan dimulai tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023.

Dan berharap semoga Operasi Ketupat 2023 ini dapat berjalan dengan lancar, seluruh rangkaian perayaan Hari Raya Idul Fitri 2023 berjalan dengan baik serta terciptanya mudik aman, nyaman dan lancar bagi masyarakat “tutup AKBP Muharman Arta.pungkasnya (Noval)



Baca Juga