Senin, 22 Jul 2024
TOP NEWS

Maulana Kampayekan Anti Kekerasan di Sekolah

JAMBI- Wakil Wali Kota Jambi laksanakan kegiatan kampanye anti kekerasan di sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan di SMPN 7 Kota Jambi,disampaikan Maulana bertujuan untuk mengurangi tingkat kekerasan pada anak dalam dunia pendidikan. Agar anak sekolah peduli terhadap kekerasan yang terjadi di sekolah. Anti kekerasan ini meliputi pelecehan terhadap murid sekolah dan bully.

“Kekerasan kepada siswa dilakukan dengan dalil untuk mendisiplinkan siswa, kekerasan itu sendiri terdiri dari kekerasan fisik dan kekerasan psikis. Kekerasan fisik dapat berupa pukulan, tendangan, menganiaya, yang dapat mengakibatkan luka atau cedera. Sedangkan kekerasan psikis dapat berupa hinaan, mengejek, mencela, mengatakan kata-kata kotor membuat siswa merasa hina, buruk dan tidak baik,”ungkapnya Wakil Wali Kota Maulana saat menyambangi SPMN 7 Kota Jambi, Senin (17/10).

 

Lanjut dikatakanya Maulana,melalui silaturahmi ini kita ingin mewujudkan sekolah ramah anak, mengapa kita pilih sekolah karena sekolah itu dihuni oleh anak-anak kita yang terkadang justru menjadi sasaran kekerasan. Oleh karena itu, hal tersebut yang kita sasar untuk lakukan sosialiasi.

” tindak kekerasan di lingkungan pendidikan yang harus dicegah dan diatasi mencakup pelecehan, perundungan atau bullying, penganiayaan, perkelahian atau tawuran, perpeloncoan, pemerasan, pencabulan, pemerkosaan, kekerasan berbasis SARA, dan kekerasan lain yang diatur undang-undang,”tuturnya.

Di tambahlan Maulana, sekolah harus menjaga keamanan siswanya. Sekolah wajib berinteraksi dengan para orang tua siswa, untuk selalu berkomunikasi demi menjaga keamanan anaknya.

“Apalagi sekarang marak geng-geng motor. Maka kita harus berikan edukasi yang benar terhadap anak-anak kita. Supaya dia bisa menyalurkan kemampuannya sesuai dengan bidangnya. Bukan justru disalurkan ke hal-hal negatif. Itu adalah tugas kita untuk mengenali kemamouan dan potensi peserta didik kita,”terangnya

Terpisah Ketua Tim Penanganan dan Pencegahan Aktivitas Geng Motor di Kota Jambi, Jailani mengatakan pemerintah sudah menghimbau kepada seluruh ketua RT untuk mengaktifkan kembali sarana kegiatan positif di lingkungannya masing-masing.  Seperti kegiatan olahraga, seni, budaya dan lainnya.

“Sehingga anak-anak yang hobi seni ada tempat untuk menyalurkan, olahraga ada, jadi begitu seterusnya,” pungkasnya.(subahan)



Baca Juga