Sabtu, 18 Mei 2024
TOP NEWS

PENCAIRAN BANTUAN BLT UMKM DI TUNDA

Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan Bantuan Tunai Langsung (BLT) UMKM di Bali masih belum cair karena keterbatasan anggaran.
“Belum, ini masih dibahas di komite pemulihan ekonomi nasional. Jadi belum. Sebenarnya keterbatasan anggaran tapi di satu sisi kan sebenarnya juga para UMKM sudah mulai pulih,” kata Teten, saat ditemui di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (30/9).

Sementara itu, Teten mengatakan saat ini pihaknya masih fokus memberikan bantuan untuk para nelayan kecil yang memiliki kapal di bawah 30 GT, akibat kenaikan harga BBM
Yang kita address langsung dari kenaikan BBM ini nelayan. Nelayan-nelayan kecil yang di bawah 30 GT. Kenapa? karena biaya produksi untuk nelayan itu 60 persen BBM, dan kami sekarang dengan Menteri BUMN, kita berpartner bagaimana para nelayan itu bisa membeli solar harga SPBU,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Teten mengatakan pihaknya akan membangun SPBU di desa-desa nelayan berbasis koperasi. Hal itu, agar bantuan solar subsidi tepat sasaran.

“Kami digitalisasi datanya di koperasi nelayan yang akan menjadi pemilik dari pada SPBU-SPBU ini. Pertamina, akan mensuplai kebutuhan kuota solar subsidinya dengan menggunakan skema digitalisasi juga,” lanjutnya.

Teten mengatakan saat ini pihaknya sedang menguji coba pemberian bantuan solar subsidi di tujuh tempat.

( Sumber CNN indonesia )



Baca Juga