Jumat, 12 Apr 2024
TOP NEWS

PMD Tanjab Gelar Bimtek SIA Bumdes

TUNGKAL- Pemerintah Kabupaten tanjabbarat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyelenggarakan Bimbingan Teknis aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDes) Bimbingan teknis tersebut terlaksana atas kerja sama Dinas PMD Kabupaten tanjabbarat dan Perwakilan BPKP jambi.

Bertempat di aula PMD tanjabbarat Bimbingan Teknis aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDes)digelar/kegiatan ini dimulai dari tanggal 3 oktober hingga 6 oktober 2022.

Sekretaris PMD tanjabbarat Toni bakri mengtakan,
Tujuan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pengelola bumdesa dalam menyusun laporan keuangan bumdesa dan bumdesma dan agar tertib administrasi dan tepat waktu.

Dengan adanya Bumdes kegiatan usaha ekonomi melalui pengelolaan usaha serta pengembangan investasi dapat dilakukan.Selanjutnya kegiatan pelayanan umum melalui penyediaan barang dan jasa serta pemenuhan kebutuhan masyarakat desa dan juga dapat memperoleh keuntungan untuk peningkatan pendapatan asli desa adalah merupakan beberapa tujuan Bumdes.Selain itu Bumdes juga dapat berguna dalam pemanfaatan asset desa untuk menciptakan nilai tambah atas asset desa tersebut”jelas Toni bakri.

Diharapkan dengan di adakannya
Bimbingan Teknis aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDes)ini mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola keuangan Bumdes di daerah masing-masing.

Untuk diketahui kegiatan Bimtek ini menghadirkan langsung Perwakilan BPKP provinsi jambi sebanyak empat orang.Peserta sebanyak 60 orang yang terdiir dari ketua Bumdes dan operatur Bumdes
(*/Noval)



Baca Juga